Aktivitas wisata Dieng

Aktivitas menarik wisata di Dieng yang menjadi favorit wisatawan adalah Telaga Warna, Kawasan Candi Dieng dan Kawah Vulkanik Sikidang. Namun yang mengesankan adalah ketika anda melihat matahari terbit dari ufuk timur saat berkunjung di Bukit Sikunir pada pagi hari, warna merah menyala akan mendominasi langit pagi anda ditemani dengan hamparan awan putih yang masih terlihat samar karena datangnya sinar mentari pagi belum bisa mengalahkan malam yang hanya diterangi oleh sinar rembulan, baru sekitar pukul 05:40 WIB akan terlihat keindahannya karena matahari lebih dominan dan menampakkan diri di area wisata Dieng ini.

Mengawali perjalanan di Dieng dengan berburu Golden Sunrise di Bukit Sikunir Dieng

Tak perlu jauh – jauh untuk mendaki ke puncak Gunung yang memiliki banyak hambatan dan resiko, anda bisa memilih Gunung Sikunir yang memiliki 297 anak tangga yang bisa anda lewati untuk melihat keindahan Golden Sunrise Bukit Sikunir ini. Terletak di desa Sembungan, kecamatan Kejajar kabupaten Wonosobo ini memiliki ketinggian 2.350mdpl dan anda hanya perlu menempuh waktu 30 menit saja untuk sampai di puncak bukit yang trek nya relatif mudah.

Konon dulu ada seorang petani yang tertidur di puncak Sikunir hingga pagi harinya terbangun karena sorot sinar mentari pagi menghampiri si Petani tersebut. Karena melihat keindahan tersebut maka petani kentang tersebut bercerita ke tetangga hingga karena penasaran esok paginya maka banyak tetangganya yang naik ke Bukit Sikunir untuk menyaksikan matahari terbit. Tiba waktunya keindahan Golden Sunrise Sikunir ini maka warga sekitar terkagum melihat keindahan dan keagungan yang Tuhan kasih untuk mereka, karena warna merah menyala yang mirip dengan kunyit apabila dipotong maka warga memberi nama bukit ini dengan sebutan Sikunir (Si Kunyit).

Menyaksikan film di Gedung Dieng Plateau Theater

Jika berkunjung ke dataran tinggi Dieng anda pasti familiar dengan destinasi Dieng Plateau Theater karena di gedung yang berkapasitas 100 orang ini akan memberikan anda informasi tentang sejarah terjadinya kaldera Dieng hingga dihuni oleh manusia. Berdurasi sekitar setengah jam akan membuat anda mengerti tentang Dieng, informasi singkat dari tayangan dokumenter ini akan membawa anda mengetahui bagaimana kegiatan masyarakat sekitar Dieng bercocok tanam kentang hingga menceritakan tentang anak rambut gembel Dieng.

Bagi anda yang mengunjungi obyek wisata Kawah Sikidang dan Batu Ratapan Angin jika beruntung bisa bertemu dengan anak yang berambut gembel Dieng, karena anak tersebut biasanya ikut berjualan bersama dengan ayah atau ibunya di sekitar obyek wisata Dieng.

Berpose di atas Puncak Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin merupakan sebuah obyek wisata Dieng yang menarik karena kunjungan wisatawan selalu meningkat setiap tahunnya, bukan tanpa alasan karena di obyek wisata ini anda bisa melihat keindahan yang jarang anda temukan di tempat lain yaitu dua buah telaga yang memiliki air warna – warni seperti pelangi hingga telaga yang memiliki air jernih yang bisa untuk berkaca.

Diatas puncak batu anda bisa memilih spot terbaik menurut anda untuk berpose dengan latar belakang keindahan alam yaitu Telaga Warna Telaga Pengilon, tak hanya sampai disitu bagi anda yang menginginkan latar belakang foto lain maka anda akan menemukan ladang kecil yaitu ladang yang begitu indah untuk anda berpose di lensa kamera anda yaitu ladang tanaman bunga Calla Lily yang berwarna putih cerah ini seakan membawa anda seperti ditaman bunga yang berada di eropa. Ada juga tanaman terong belanda sepanjang perjalanan anda menuju ke puncak Batu Ratapan Angin karena untuk menuju ke puncak andas hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit saja dengan jalan kaki melalui tangga yang sudah disediakan dan dikelola oleh desa.

Menelusuri Jejak Mataram Kuno di Pulau Jawa

Selain itu anda akan bisa mengunjungi obyek wisata menarik di Dieng yaitu menelusuri jejak Mataram Kuno di Pulau Jawa dengan berkunjung ke Candi Dieng, banyak candi yang bisa anda kunjungi sebagai wisata edukasi anda seperti Candi Arjuna yang berada di dekat dengan area Dharmasala hingga Candi Bima yang berada di area kawasan Kawah Sikidang. Candi di dieng merupakan candi yang bercorak Hindu pada masa kerajaan Sanjaya saat Mataram Kuno, corak dan karakter bangunan yang kecil dan lebih mirip dengan bangunan yang berada di India ini menjadi bukti kuat bahwa candi – candi di Dieng ini merupakan candi yang cukup tua yaitu di bangun pada abad ke 8 Masehi.

Di kawasan Candi Arjuna juga biasanya digunakan untuk pemotongan rambut gembel anak Dieng, jika anda berkujung saat bulan Agustus maka anda bisa melihat kain putih sepanjang perjalanan menuju area Candi Arjuna, jadi jangan dilewatkan momen menarik ini setiap tahunnya yang dikemas dalam acara Dieng Culture Festival.

Itulah rangkuman beberapa destinasi menarik wisata Dieng yang menjadi andalan Negeri Atas Awan, memang butuh waktu dan pengorbanan untuk bisa menikmani keindahan alam Dieng. Apabila anda menginginkan liburan yang berkesan tanpa harus ribet dengan urusan restribusi, kendaraan dan lain – lain maka anda bisa konsultasikan kepada kami biro wisata lokal Dieng yang memahami tentang keindahan dan budaya Dieng yang begitu mempesona. Kami profesional dan bisa memberikan jawaban solusi liburan anda ke Dieng, yang anda perlukan hanya duduk dan menghubungi kami lalu bercerita tentang apa keinginan anda berwisata ke Dieng dengan Paket Wisata Dieng 1 Hari atau 2 Hari bahkan sesuai keinginan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *