Ada apa di Dieng?

Ada apa di Dieng?

Pertanyaan ini akan selalu muncul bagi anda yang baru pertama kali wisata ke Dataran Tinggi Dieng, Ada Apa di Dieng ? Dieng merupakan sebuah desa yang berada di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl dengan penduduk mayoritas bekerja sebagai petani kentang, pertanian di Dieng merupakan salah satu sumber mata pencaharian sehingga anda akan banyak melihat penduduk sekitar membawa cangkul untuk pergi ke lahan namun menggunakan syal atau jaket untuk menghangatkan tubuh mereka walaupun siang hari.

Inilah yang menjadi ciri khas dari aktivitas penduduk Dieng karena suhu yang rendah menyebabkan suasana dingin terasa begitu menusuk tulang, suhu rata – rata yang berada dibawah 10 derajat celcius akan menjadi teman yang begitu akrab dengan masyarakat sekitar Dieng. Selain kehidupan penduduk Dieng anda juga bisa berkunjung ke obyek wisata yang begitu terkenal memiliki panorama yang tak dapat anda lupakan.

Kawasan Candi Dieng

Salah satu yang akan anda temukan di Dataran Tinggi Dieng adalah bangunan kuno peninggalan Kerajaan Sanjaya berupa candi, anda akan menemukan banyak candi yang gagah berdiri ini hampir disetiap penjuru Dieng mulai dari Kawasan Candi Arjuna yang terdiri dari 5 bangunan candi yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Sembadra dan Candi Puntadewa. Tak jauh dari area wisata Kawah Vulkanik Sikidang anda juga dapat menemukan candi yang berdiri sendiri yaitu Candi Bima begitu pula dengan Candi Dwarawati yang berada di desa Dieng Kulon dekat dengan obyek wisata Bukit Scooter.

Candi di Dieng ini dibangun pada abad ke 8 dan merupakan candi bercorak Hindu yang merupakan candi tertua di Pulau Jawa, jika anda berwisata ke Dieng jangan melewatkan destinasi wajib yang pasti jadi tujuan wisatawan.

Kawah Dieng

Selain bangunan kuno berupa candi anda juga bisa menemukan Kawah Vulkanik Dieng, banyak macam – macam kawah yang bisa anda kunjungi sebagai obyek wisata seperti Kawah Sikidang yang menjadi destinasi favorit wisatawan karena keunikan kawah yang berpindah – pindah dari satu tempat ketempat yang lain dalam beberapa waktu. Selain itu di Kawah Vulkanik Sikidang ini anda juga bisa berbelanja aneka buah yang khas dari Dieng seperti buah Carica, buah Terong Belanda, Kentang Mentega, Kentang Merah dan Kentang Ungu yang akan jarang anda temui selain di Dieng.

Kawah Vulkanik Dieng lainnya yang bisa anda kunjungi adalah Kawah Sileri, Kawah Sikendang dan Kawah Candradimuka yang konon pernah digunakan tokoh pewayangan yaitu Gathotkaca berendam untuk menambah kesaktiannya. Jika anda berkunjung disetiap obyek wisata kawah vulkanik Dieng anda bisa menyiapkan terlebih dahulu masker untuk mengurangi bau sulfur yang berasal dari area kawah.

Telaga Dieng

Obyek wisata yang akan anda temui lainnya saat berwisata ke Dieng adalah telaga, air yang terkumpul dalam cekungan secara alami atau buatan namun tidak lebih luas dari danau sehingga sinar matahari bisa mencapai dasar. Ada banyak telaga di Dieng yang bisa anda kunjungi seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Telaga Menjer, Telaga Dringo dan Telaga Swiwi.

Dari banyak naman telaga diatas Telaga Warna merupakan telaga yang paling terkenal di Dieng karena memancarkan keindahan yang berwarna – warni seperti pelangi ketika sinar sorot matahari hadir menyinari air telaga yang bercampur dengan sulfur atau belerang. Tak jauh dari Telaga Warna anda bisa melihat Telaga Pengilon yang memiliki air jernih dan bisa untuk berkaca bagi setiap pengunjung atau wisatawan yang penasaran.

Pegunungan Dieng

Dieng merupakan daerah pegunungan yang terdiri dari beberapa gunung yang saling bersebelahan seperti Gunung Sikunir, Gunung Prau Dieng, Gunung Pakuwaja, Gunung Panglimunan, Gunung Sikendil dan masih banyak gunung lainnya.

Tak heran di Dieng selalu terkenal dengan wisata alamnya yang panoramanya begitu menawan dan tak terkalahkan keindahannya, jika anda pecinta alam maka Gunung Prau Dieng menjadi destinasi yang cocok untuk wisata alam menyaksikan matahari terbit (Golden Sunrise Prau) dengan mendaki selama 4 jam saja anda sudah bisa mencapai puncak Prau.

Namun apabila anda bukan pecinta alam maka Gunung Sikunir bisa menjadi alternatif untuk menyaksikan matahari terbit (Golden Sunrise Sikunir) yang tak kalah panoramanya dari Gunung Prau Dieng, lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Gunung Sikunir karena anda hanya perlu mendaki selama 30 menit saja dengan panjang trek 800 meter ditemani oleh penerangan yang sudah disediakan.

Itulah beberapa jawaban tentang pertanyaan Ada Apa di Dieng ? Karena Dieng merupakan tempat yang berada di ketinggian 2.000 mdpl maka jangan lupa siapkan jaket dan perlengkapan yang bisa menghangatkan tubuh anda, dan ketika berwisata alam ke Dieng jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen karena panoramanya begitu mengesankan dan indah untuk dikenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *