Tempat wisata di Wonosobo

Wonosobo merupakan sebuah kabupaten kecil yang berada di Jawa Tengah ini berbatasan dengan Temanggung dan Magelang yang berada di sebelah timur, Purworejo yang berada di sebelah selatan, Banjarnegara dan Kebumen berada di sebelah barat sedangkan Batang dan Kendal berada disebelah utara. Anda bisa berkunjung ke kota yang mempunyai suhu dingin dan singgah kapanpun karena banyak tempat menginap yang bisa anda pilih saat musim liburan maupun hari biasa. Wonosobo yang berpenduduk hampir 900.000 jiwa ini sebagian besar memiliki pekerjaan sebagai petani, tak heran tanah yang subur membuat kehidupan warga masyarakat sekitar kota Wonosobo tidak pernah kekurangan karena kebutuhan akan sayur mayur selalu melimpah.

Bagi anda wisatawan yang berkunjung ke kota Wonosobo maka jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata yang menarik dan begitu asyik untuk dijelajahi, tidak hanya Dieng Plateau saja yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke kota Wonosobo namun ada beberapa pilihan Wisata Wonosobo yang bisa anda kunjungi antara lain :

Alun - Alun kota Wonosobo

Jika anda menginginkan berwisata ke Dieng Plateau jangan lupa untuk singgah terlebih dahulu di Alun - Alun kota Wonosobo, suasana sepi saat pagi hari sangat cocok untuk anda yang jarang mendapatkan suasana pedesaan karena dari alun - alun kota apabila pagi datang maka akan terlihat dua gunung kembar yang begitu elok untuk dipandang oleh kedua bola mata yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Bagi anda yang menyukai kuliner maka anda bisa berkeliling disekitar alun - alun kota untuk mencari makanan khas seperti Serabi, Sagon hingga sego megono khas kota Wonosobo yang bisa anda santap sebagai sarapan bersama dengan tempe kemul serta segelas kopi Purwaceng.

Pemandian Air Panas Rest Area Kalianget

Tempat lain yang merupakan pilihan wisata wonosobo adalah pemandian air panas di rest area kalianget yang berada 4 kilometer dari alun - alun kota Wonosobo, selain berendam di air panas anda juga bisa menggunakan pemandian air panas ini sebagai tempat transit wisata rombongan dalam jumlah yang cukup banyak, karena di Dieng bus besar seat 50 tidak bisa naik karena jalannya memang tidak memungkinkan karena itu anda harus berganti menggunakan shutle bus lokal yang disebut dengan mikro bus di rest area Kalianget.

Tidak hanya air panas saja apabila anda menginginkan berenang maka tersedia juga kolam dingin yang airnya sangat jernih dan dingin sehingga bisa membuat badan anda terasa fresh kembali. Untuk masuk ke rest area wisata Pemandian air panas kalianget anda hanya perlu membayar Rp. 7000 saja untuk kolam hangat dan Rp 7.000 untuk kolam dingin.

Agrowisata Kebun Teh Tambi

Pilihan wisata di kota Wonosobo lainnya adalah berwisata di Agrowisata Kebun Teh Tambi, perjalanan yang memakan waktu cukup singkat dari kota Wonosobo yang hanya 30 menit akan membuat anda kagum karena banyaknya kebun teh yang begitu hijau menyegarkan mata sekaligus udara yang begitu dingin akan membuat anda menggigil diterik matahari. Di ketinggian 1.400mdpl ini anda bisa berwisata di Agrowisata yang memberikan kesan wisata edukasi tentang cara penanaman teh, pengolahan teh hingga cara menyeduh teh dengan benar.

Selain berwisata di kebun Teh Tambi anda juga bisa menginap di penginapan Tambi yang tak jauh dari agrowisata Kebun Teh Tambi, penginapan ini cocok untuk anda yang sedang mencari penginapan yang jauh dari keramaian dan memiliki suhu yang cukup dingin.

Air Terjun Sikarim

Obyek wisata yang mulai digandrungi oleh wisatawan adalah air terjun Sikarim yang terletak di desa Sembungan Wonosobo, untuk menuju ketempat ini anda akan melewati jalur baru dari Wonosobo ke Dieng dimana air terjun Sikarim berada diantara jalur baru tersebut. Pemandangna begitu indah karena sepanjang perjalanan bukit tinggi dan kota dibawah akan terlihat dari atas jalan yang berada di atas dari air terjun Sikarim ini.

Untuk bisa sampai di obyek wisata ini anda bisa menggunakan jalur arah menuju ke Telaga Menjer dan menuju arah ke desa Mlandi, hanya mobil pribadi dan motor yang bisa mencapai ke obyek wisata Air Terjun Sikarim ini karena mobil yang seat 10 orang tidak bisa mencapai atas karena jalan yang berliku dan tanjakan yang begitu tajam.

Pasar Kumandang

Pilihan wisata di Wonosobo yang baru adalah Pasar Kumandang, pasar yang baru saja dibuka ini memiliki konsep yang begitu menarik dimana suasana pasar tradisional zaman dahulu akan kembali hidup di Pasar Kumandang ini, jajanan yang serba tradisional akan membuat anda mengingat kembali saat kecil dahulu bersama dengan orang tua. Tak hanya itu pasar tradisional yang berkonsep zero plastik ini juga menyuguhkan area bermain tradisional untuk anak - anak sehingga saat orang tua mencicipi jajanan tradisional maka anak anak bisa dititipkan di area bermain.

Untuk bisa membeli jajanan tradisional ini anda harus menukarkan uang anda dengan keping yang disediakan oleh panitia, sehingga ketika anda membeli sesuatu di Pasar Kumandang ini anda harus menggunakan keping yang nilainya terpampang disetiap lapak pedagang Pasar Kumandang. Pasar Kumandang ini hanya bisa anda kunjungi saat pagi hari mulai dari pukul 06:00 hingga siang jam 11:00 saat hari minggu saja.

Pasar Ting Janti

Bukan hanya Pasar Kumandang saja yang baru di wisata Wonosobo, PasarTing Janti akan memberikan warna baru bagi anda pecinta kuliner atau wisatawan yang akan datang ke kota Wonosobo, pasar tradisional ini akan hadir pada malam hari setiap sabtu malam dengan lentera yang khas disetiap lapak pedagang yang ada dipasar Ting Janti. Banyak aneka jajanan tradisional yang dijual saat malam hari, tidak hanya itu saja beberapa tarian tradisional akan dipentaskan saat sabtu malam tertentu ataupun saat ada even yang berlangsung.

Mekanisme pembayarannya sama dengan yang ada di Pasar Kumandang yaitu menggunakan koin yang telah anda tukarkan di panitia, Pasar Ting Janti ini akan buka mulai sore hari hingga dini hari. Maka apabila anda menginginkan untuk mengunjungi Pasar Ting Janti datanglah saat malam hari, karena saat pagi hari biasanya pasar ini akan tutup.


WhatsApp Divadia tour!

0852-9233-2360