Telaga Warna dari Puncak Batu Ratapan Angin

Siapa yang tidak mengenal Telaga Warna Dieng, terletak di Desa Dieng Wetan obyek wisata ini menjadi favorit dalam setiap kunjungan wajib wisatawan yang ke Dieng, danau yang berwarna warni ini akan membuat anda terpesona sehingga anda tak kan kuasa menahan diri untuk berpose didepan kamera. Tidak hanya telaga yang berwarna saja yang bisa anda lihat ketika ke Dieng, Telaga Pengilon yang memiliki air begitu jernih sehingga anda dapat berkaca dari tepi Telaga Pengilon ini.

Namun dibalik itu semua anda harus menengok keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari atas Puncak Batu Ratapan Angin yang terletak tidak jauh dari gedung Dieng Plateau Theater, untuk sampai diatas puncak Batu Ratapan Angin Dieng ini anda harus berjalan kaki selama 10 menit atau panjang jalannya sekitar 80 meter sudah berupa tangga. Harga tiket yang cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 untuk domestik dan Rp 30.000 saja untuk wisatawan mancanegara tidak sebanding dengan pemandangan yang akan anda dapatkan ketika tiba diatas Puncak Batu Ratapan Angin.

Pemandangan akan terlihat jelas apabila anda tiba diatas batu yang merupakan puncak dari Batu Ratapan Angin Dieng yaitu dua buah telaga yang bersebelahan dan mempunyai keunikan masing - masing seperti Telaga Warna yang mempunyai air berwarna - warni dan Telaga Pengilon yang memiliki air begitu jernih. Warna dari kedua telaga ini akan terlihat indah apabila anda datang di Batu Ratapan Angin saat pagi hari, karena saat pagi biasanya cuaca akan lebih bersahabat dan sorot sinar matahari akan lebih tajam menyinari Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini.

Apa itu Batu Pandang Ratapan Angin itu ?

Batu Pandang Ratapan Angin itu merupakan sebuah bukit yang memiliki Puncak berupa batu - batu besar dan memiliki view dua buah telaga yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Untuk menemukan obyek wisata ini anda tak perlu pusing karena letaknya tidak jauh dari Dieng dan hanya 10 menit saja menggunakan kendaraan dari pertigaan desa Dieng anda sudah dapat tiba di Batu Pandang Ratapan Angin yang letaknya juga tidak jauh dari obyek wisata Telaga Warna.

Jadi untuk mendapatkan view terbaik anda harus naik keatas batu yang besar yang nanti akan ada petunjuk tentang spot foto, tidak hanya foto diatas puncak batu saja anda bisa berfoto dengan burung hantu yang sangat menggemaskan di area wiata Batu Pandang Ratapan Angin. Apabila anda suka dengan hal yang menantang adrenalin maka anda patut mencoba flying fox hingga sepeda gantung dengan view lereng Gunung Pangonan. Semua itu hanya bisa anda temui di Batu Pandang Ratapan Angin yang begitu istimewa dan instagramable.

Bagaimana awal mula Batu Pandang Ratapan Angin bisa menjadi obyek wisata ?

Jadi dahulu tempat ini atau puncak bukit dari Batu Pandang Ratapan Angin ini merupakan sebuah tempat untuk meratap oleh para petani kentang, jadi sebelum dijadikan obyek wisata saat musim panas tiba akan muncul bun racun atau bun upas dimana fenomena embun yang berubah menjadi es, karena embun pada tanaman kentang berubah menjadi es maka tanaman kentang akan mati dan gagal panen.

Akhirnya tanaman kentang banyak yang gagal panen karena bun upas ini menyebabkan petani merugi dan sedih, karena kesedihan ini akhirnya petani naik untuk menenangkan diri supaya hatinya tidak sedih dengan naik ke puncak Batu Ratapan Angin yang memiliki pemandangan yang begitu mempesona indah tiada duanya antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon ditemani oleh angin yang berhembus sepoi - sepoi dan meratap untuk menghilangkan rasa sedihnya. Begitulah kenapa dinamakan Batu Pandang Ratapan Angin oleh masyarakat setempat, bagi anda yang hobi dengan fotografi obyek wisata satu ini sangat cocok anda jelajahi.

Tips mengunjungi Batu Pandang Ratapan Angin

Tidak terlalu banyak tips ketika berkunjung ke Batu Pandang Ratapan Angin Dieng ini, anda hanya perlu membawa air mineral satu botol saja dan yang terpenting adalah kamera sehingga anda bisa mendapatkan foto yang begitu indah untuk diabadikan. Selain dua hal tersebut ketika anda akan mengunjungi obyek wisata satu ini maka anda harus mempersiapkan style pakaian anda, warna yang cerah dan kontras antara atasan dan celana apalagi ditemani oleh topi pasti akan terasa menggemaskan selain apik di depan lensa kamera anda. Jadi jangan lupakan tentang kamera dan style pakaian anda saat berkunjung ke obyek wisata favorit wisatawan agar bisa melihat keindahan lain dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini.

Bagaimana cara saya bisa berkunjung ke obyek wisata keren satu ini ?

Bagi anda yang akan mengunjungi Batu Pandang Ratapan Angin Dieng ini mungkin bisa langsung menuju ke Dieng dari kota Wonosobo ataupun via Temanggung, tapi apabila anda menginginkan trip yang lebih berkesan indah saat berkunjung ke Batu Pandang Ratapan Angin ini maka kami sarankan untuk menggunakan paket wisata dari kami dimana pemandu wisata akan mendampingi anda mulai dari naik ke hingga sampai puncak, menunjukkan spot terbaik hingga menjadi tukang foto handal bagi anda dan orang tercinta yang berkunjung ke Dieng. Jadi anda tak susah untuk berfoto bersama karena pemandu wisata siap berkontribusi dan menjalankan tugasnya.


WhatsApp Divadia tour!

0852-9233-2360